May 17, 2014

0

Hidroponik : Menyemai yuuk.. (1)

Posted in
Berkebun itu bener2 melatih kesabaran. Waktu pertama kali nyoba menyemai, rasanya lamaa banget nungguin semaian sprout (pecah), kemudian berkecambah. Tiap hari ditungguin, di'tilak-tiliki' terus. Kalo sekarang udah lumayan, nggak terlalu noraklah.. Ngeliat semaian keluar daun udah biasa, walaupun masih ada rasa girang, hehe..

Di sini aku bukan mau ngajarin yaa.. Cuma mau share n buat catetanku sendiri aja, gimana cara aku menyemai.. Dalam hidroponik, ada banyak media semai/media tanam. Di bawah ini, aku cerita ttg media apa aja yg pernah aku coba pake. Walaupun nantinya tanaman akan ditumbuhkan dengan sistem hidroponik, pada saat penyemaian kita bisa aja tetep pake tanah (campuran tanah) dulu, baru nantinya dipindah ke sistem hidroponik.

MENYEMAI dengan ROCKWOOL

Apa itu Rockwool..? Googling sendiri ah.. Aku cuma mau share cara nyemainya ajah..

Rockwool dipotong dengan gergaji besi atau pisau bergerigi membentuk kotak, bisa tebal, bisa tipis, sesuai selera. Semakin tebal rockwool, semakin banyak air yang terserap/tersimpan.

Kotak rockwool direndam sampai basah full. Boleh dibolak-balik biar nggak ada bagian yg masih kering. Setelah itu, sedikit dibuang airnya biar nggak terlalu becek. Buangnya jangan diperes lho, di'selepret' aja.. Bahasa Indonesianya apa yaa..? Pokoknya gimana caranya biar tiris, ngga kebanyakan air..
--Update : Diselepret = Dikibaskan..hehe..

Letakkan biji/bibit tanaman di atas rockwool. Ada yg bilang sebaiknya diletakkan di kedalaman 0,5cm.
Tapi kalo aku, nggak usah dalem2, cukup di atas rockwool aja. Pengalaman, nyemai dimasukin agak dalem n atasnya agak ditutup rockwoolnya, kecambahnya jadi kaya nggak kuat mbuka/ngangkat. Jadi nggak optimal tumbuhnya..


Ini penampakan biji yang udah mulai pecah (sprout). Kalo udah gini, harus segera dikenalkan sinar matahari. Kalo telat kena sinar, tumbuhnya bisa panjang2 nggak sehat aka etiolasi aka kutilang (kurus tinggi langsing). (Mau nulis kaya aku, takut dijitak.)

Ini yang udah keluar daunnyaa.. Seneng ya kalo ngeliat udah kaya gini.. Oya, pas mulai sprout, pengenalan ke mataharinya jangan langsung all day ya.. Sampai jam 11 dulu, trus bertahap, lama2 baru bisa dijemur full sun. Aku pernah, tanaman masih piyik udah kujemur all day long.. Walaupun rockwool masih basah, tetep aja baby seladanya garing ring ring..

Besok aku sharing cerita pas aku nyemai pake arseco ya... Sekarang udahan duluu..
I'll see you soon.. XOXO..

Share on :

0 comments: